Langsung ke konten utama

ANALISA MANAJEMEN STRATEJIK PT.INDOBISMAR

MANAJEMEN STRATEJIK PT.INDO BISMAR


SEJARAH :
PT.INDO BISMAR yang berlokasi di jalan Bendul Merisi Permai Blok R 9-10,Surabaya merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa dan dagang dimana dalam bidang jasa perusahaan menyediakan jasa rental mobil,Tour and Travel serta melayani reparasi komputer dan HP sedangkan untuk bidang perdagangan perusahaan menjual HP,Laptop,dan accesories. Perusahaan ini telah berdiri sejak tahun 2000 dan sekarang telah memiliki 24 toko yang tersebar di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Dr.Siswanto,M.M atau akrab dipanggil Pak Sis merupakan pendiri dari perusahaan ini,beliau merupakan seorang pengusaha muda kelahiran Banyuwangi pada tanggal 20 Agustus 1977 dan lulusan Doktor Ilmu Ekonomi Universitas 17 Agustus 1945. Beliau adalah putra kelima dari enam bersaudara yang memiliki kemampuan dalam bidang service computer,maka beliau yang pada saat itu bekerja di perusahaan yang bergelut di bidang teknologi informasi berinisiatif untuk mendirikan usahanya sendiri dibidang penjualan dan service IT (hardware,software).
Dengan semakin berkembang dan dikenalnya PT.INDO BISMAR oleh masyarakat dan instansi baik swasta maupun pemerintahan,PT.INDO BISMAR mencoba mengembangkan usahanya dengan membangun cabang dan usaha lainnya.

VISI DAN MISI PERUSAHAAN :
VISI :
Menjadi perusahaan di Indonesia yang unggul,terkemuka dan terdepan dibidang multi produk IT. Untuk memenuhi kebutuhan teknologi informasi di perusahaan atau institusi atau lembaga maupun masyarakat Indonesia secara langsung.
MISI :
-          Memberikan pelayanan jasa dan produk terbaik yang berkualitas dengan harga bersaing
-          Aktif dan kreatif dalam mengenalkan produk atau promosi ke semua media online maupun offline
-          Memberikan jaminan kepuasan kepada pelanggan
TUJUAN :
Tujuan perusahaan yaitu mencapai kesuksesan yang besar  dibidang retail multi produk IT,dan untuk mencapai hal tersebut perlu menjalin kerjasama yang mneguntungkan semua pihak baik antara PT Indo Bismar dengan suplier maupun PT Indo Bismar dengan customer semua lapisan di masyarakat umum. Dengan adanya kerjasama yang baik dan dampak yang ditimbulkan juga baik maka semua lapisan masyarakat akan saling memahami kebutuhan di era globalisasi ini.
SASARAN :
Sasaran perusahaan PT.Indo Bismar sendiri dalah semua lapisan masyarakat karena di era digital ini baik anak anak,remaja,orang dewasa maupun orang tua membutuhkan produk IT, baik handphone maupun laptop dan sejenisnya dan dengan PT.Indo Bismar membuka beberapa cabang yang ada di daerah tertentu memudahkan customer untuk mendapatkan produk IT yang di inginkan dengan harga yang bersaing promo yang diberikan.

ANALISIS SMART :
SIMPLE :Simple yaitu dimana tujuan harus dirumuskan secara sederhana,sehingga dapat dipahami oleh semua anggota organisasi PT.INDOBISMAR mempunyai visi yang telah diterapkan dengan baik yaitu Menjadi perusahaan di Indonesia yang unggul,terkemuka dan terdepan dibidang multi produk IT. Untuk memenuhi kebutuhan teknologi informasi di perusahaan atau institusi atau lembaga maupun masyarakat Indonesia secara langsung.Perusahaan mampu mengelola kualitas pelayanan . Hal tersebut membuktikan bahwa para karyawan paham atas tujuan yang terdapat dalam visi perusahaan .

MEASURABLE :Measurable merupakan indikator kejelasan,kongkrit dan terukur serta mampu menjadi motivasi bagi karyawan.Pada 3 tahun terakhir PT INDOBISMAR mampu menguasai market share sebesar 30 % pada tahun 2015 dapat menghasilkan omset penjualan diatas Rp.2 Miliar. Dalam hal ini tentuya dapat memotivasi karyawan untuk lebih meningkatkan nilai perusahaan dimata konsumen sehingga dengan demikian bisa menjadi pimpinan Retail terbesar dan tentunya para investor tertarik untuk menawarkan sahamnya pada PT.INDOBISMAR

APLIKABLE :PT.INDOBISMAR adalah salah satu dari beberapa perusahaan di Indonesia yang memiliki kemampuan pelayanan yang lebih di bidang Retail. Dengan pelayanan yang maksimal dan Kualitas Produk yang terjamin konsumen semakin percaya dengan keunggulan Perusahaan ini.Dalam hal ini membuktikan PT.INDOBISMAR cukup mampu mewujudkan visi dan misinya kedepan meskipun nantinya akan ada pendatang pendatang baru yang mengusung pelayanannya.

RELIABLE :PT.INDOBISMAR mampu memberikan gambaran tentang masa depan perusahaan dalam meningkatkan pangsa pasar di seluruh dunia.Perusahaan menggunakan karyawan yang handal dalam proses pelayanan untuk mengikuti perkembangan zaman.Dengan ide untuk memberikan inovasi inovasi .Dengan demikian PT.INDOBISMAR tidak hanya mengikuti perkembangan zaman namun juga dapat mengikuti keinginan konsumen atau kebutuhan konsumen sekitar.

TIMEABLE :Timeable merupakan memiiki tenggang waktu atau kemampuan untuk dicapai dalam waktu tertentu.Dalam 3 tahun terakhir PT INDOBISMAR telah mencapai market share sebanyak 40%.PT INDOBISMAR membuka cabang cabang tertentu di area kota JAWA TENGAH.

 
ANALISIS KOMPETENSI (DAYA SAING PT.INDOBISMAR)
1.      SUMBER DAYA YANG DIMILIKI
A.Sumber daya berwujud (Tangible)
*MempunyaiMarketing Office yaitu Surabaya,Banyuwnagi,Solo,Malang,Probolinggo
* Mempunyai stok barang yang tersebar di store
* Memperkerjakan lebih dari 500 karyawan
* Memiliki tenaga ahli di setiap bidangnya
B.Sumber Daya Yang Tidak Berwujud (INTANGIBLE)
* Manajemen modern dengan memanfaatkan teknologi informasi
* Bekerjasama dengan berbagai ekspedisi yang berkualitas untuk pengiriman barang di berbagai wilayah
* Perusahaan resmi yang sudah terdaftar
2. KEMAMPUAN :
- Memiliki saluran distribusi yang luas
- Memiliki pegawai yang etos kerja tinggi dan bertanggung jawab pada tugas masing masing
- Harga produk yang terjangkau dengan mutu dan kualitas harga
3. KEMAMPUAN INTI :
- Memiliki kemampuan atas pelayanan
- Memiliki peralatan service yang canggih serta modern untuk proses memperbaiki
4. KEUNGGULAN BERSAING YANG BERKESINAMBUNGAN :
Keunggulan bersaing yang berkesinambungan dicapai pada saat perusahaan menerapkan suatu pencipta nilai dan perusahaaan pesaing tidak secara keseluruhan dapat menerapkannya dan tidak dapat meniru keunggulan tersebut.

ANALISA VALUE CHAIN M.PORTER
SUPPORT  ACTIVITY (AKTIVITAS PENDUKUNG)
-          Infrastuktur Perusahaan                 : Planing,finance,service
-          Manajemen sumber daya manusia : HRD
-          Teknologi                                        : Produk yang berkualitas
-          Pembelian                                        : Produk dari supplier

PRIMARY ACTIVITY (AKTIVITAS UTAMA)
Inbound logistic (Logistik ke dalam)
-          Supplier Handphone : Supplier dari tiap brand diterima oleh gudang kemudian diberi code di input di database,persediaan stock untuk memudahkan control jumlah persediaan yang tersedia.Baik persediaan yang habis maupun persediaan yang perlu ditambah.
-          Quality control : Pengendalian kualitas dilakukan oleh departemen.Quality control . Departemen ini bertugas memastikan produk yang masuk gudang sesuai standar yang ditetapkan oleh perusahaan
.
Outbound Logistik (Logistik ke luar)
-          Distributor : Barang yang sudah sudah siap di distribusikan ke berbagai outlet yang tersebar
-          Branch Controller : Bagian ini memegang kendali pada tiap outlet yang tersebar di wilayahnya . Ini mempermudah kontrol terhadap jumlah produksi yang dipasarkan dan memantau jumlah produk yang tersebar.
Marketing and Sales (Pemasaran dan penjualan)
-          Website : Aktivitas utama yaitu melakukan marketing and sales dengan website,perusahaan membuat dan memberikan segala informasi mengenai produk perusahaan melalui website tersebut.Pemesanan prouk dapat juga dilakukan oleh pelanggan melalui website resmi perusahaan.
-          Outlet toko : Perusahaan membuka outlet di berbagai kota terutama kota kota besar.Dengan demikian perushaan dapat melakuka aktivitas utamanya yaitu melakukan pemasaran dan penjualan di luar outlet pusat penjualan handphone dan komputer tanpa kesulitan untuk melayani pelanggan yang berada di berbagai daerah
-          Service (Pelayanan) : Pelayanan bagi pelanggan yang profesionnal
Pelayanan prima mempunyai peranan penting dalam bisnis baik dari sisi pelanggan internal maupun pelanggan eksternal,karena sangat berpengaruh pada loyalitas pelanggan kepada organisasi atau perusahaan. Kualitas pelayanan PT.INDOBISMAR memiliki dimensi dimesi sebagai berikut :
1.      Kecepatan waktu pelayanan
2.      Akurasi atau ketepatan pelayanan
3.      Kesopanan dan keramahan pelaku usaha
4.      Tanggung jawab karyawan yang tinggi dalam menanggapi komplain pelanggan
5.      Kualitas pelayanan yang berkaitan dengan lokasi pelayanan,ketersediaan informasi,dan petunjuk atau panduan lainnya
6.      Kualitas pelayanan yang berhubungan dengan kenyamanan ,fasilitas,teknologi produksi dan lain lain
7.      Jumlah petugas yang melayani dan fasilitas pendukung lainnya
 
ANALISIS SWOT :
STRENGHT (KEKUATAN)
·         Memiliki berbagai peralatan service handphone maupun komputer
·         Harga yang terjangkau namun tetap memiliki kualitas yang baik
·         Produk yang bervariasi sesuai dengan perkembangan pasar
·         Kredit semua leasing yang lengkap mulai bunga ringan sampai cicilan rendah
·         Accesories pelindung Handphone dan Laptop yang gratis disetiap pembelian produknya
·         Garansi bisa dibantu melalui Promotor Brand tersendiri
·         Memiliki kualitas pelayanan yang bisa Delivery sesuai pemesanan konsumen
·         Memiliki pelayanan dengan kualitas yang tinggi

WEAKNESS (KELEMAHAN)
·         Kurangnya kegiatan promosi yang dilakukan di koperasi dan sekolahan
·         Kondisi pangsa pasar yang tidak bisa ditentukan
·         Banyaknya pesaing karna bisnis ini mudah untuk dijalankan
·         Adanya beberpa Brand yang kurang dikenal masyarakat
·         Pengiriman barang yang lama dalam seminggu hanya 3 kali pengiriman
OPPORTUNITIES (PELUANG)
·         Pangsa pasar yang luas
·         Perkembangan dan kemajuan teknologi yang dapat meningkatkan Brand
·         Pelanggan semakin meningkat
·         Label garansi perbrand mempunyai nilai lebih dibandingkan store lain
THREATS (ANCAMAN)
·         Banyaknya pesaing dalam produk sejenis
·         Banyak store lain dengan harga terjangkau
·         Peminat konsumen lebih banyak dilokasi Mall



ANALISIS IFAS DAN EFAS :


FAKTOR INTERN
STRENGHT/WEAKNESS
Produksi
+ Harga yang terjangkau namun tetap memiliki kualitas yang baik
+ Produk yang bervariasi dengan perkembangan pasar
-          - Adanya beberapa Brand yang kurang dikenal masyarakat
Marketing
+ Memiliki pelayanan dengan kualitas yang tinggi
-          - Kurangnya kegiatan promosi yang dilakukan di Koperasi dan sekolah
-          - Kondisi pasar yang tidak bisa ditentukan
Keuangan
+ Memiliki kualitas keuangan yang sehat
+ Memiliki tenaga accounting yang baik
Personalia
+ Tenaga kerja ahli dalam bidangnya
Struktur Organisasi
+ Pembagian divisi kerja yang jelas
Manajemen
-          - Pengiriman barang yang lama





















Tanda +  Strenght
Tanda – Weakness
Dari tabel diatas terdiri dari 8 S + dan 4 W 



   Kuesioner Internal Factor Analysis Strategi Untuk Mengetahui kelemahan : 

Faktor Strategis
Nilai
Bobot
Rating
Skor
Kurangnya kegiatan promosi yang dilakukan di koperasi dan sekolahan
2
0,25
2
0,5
Kondisi pangsa pasar yang tidak bisatentukan
3
0,375
2
0,75
Banyaknya pesaing karna bisnis ini mudah untuk dijalankan
3
0,375
2
0,75
Adanya beberapa Brand yang kurang dikenal masyarakat
2
0,35
2
0,5
Pengiriman barang yang lama dalam seminggu hanya 3 kali pengiriman
2
0,35
2
0,5
TOTAL
12
1,7
10
3

TOTAL IFAS         = KEKUATAN-KELEMAHAN
                                = 3,83 – 3
                                = 0,83


Kondisi Eksternal PT.INDOBISMAR :


Faktor-faktor Eksternal
Dampak : opportunity/threat
Ekonomi
+ Pangsa pasar yang luas
Pemerintah
         - Kurangnya pengawasan
Teknologi
+ Perkembangan dan kemajuan teknologi yang dapat meningkatkan Brand
Pesaing
+ Label garansi per brand mempunyai nilai lebih
          - Banyaknya pesaing dalam produk sejenis
Pelanggan
          + Pelanggan semakin meningkat
















Kondisi Eksternal untuk mengetahui Peluang (Opportunity) :


Faktor Strategis
Nilai
Bobot
Rating
Skor
Pangsa pasar yang luas
4
0,15
3
0,45
Perkembangan dan kemajuan teknologi yang dapat meningkatkan Brand
3
0,11
3
0,33
Pelanggan semakin meningkat
3
0,11
3
0,33
Label garansi perbrand mempunyai nilai lebih dibandingkan store lain
2
0,07
2
0,21
TOTAL
12
0,44
11
1,32


Kondisi Eksternal untuk mengetahui Ancaman(Threat) :


Faktor Strategis
Nilai
Bobot
Rating
Skor
Banyaknya pesaing dalam prod
2
0,20
2
0,40
Banyak store lain dengan harga terjangkau
2
0,20
3
0,60
Peminat konsumen lebih banyak dilokasi Mall
3
0,30
3
0,90
TOTAL
7
0,7
8
1,09



TOTAL EFAS        = PELUANG-ANCAMAN
                                = 1,32-1,09
                                =0,23

PERHITUNGAN IFAS DAN EFAS :

Total Tabel Skor IFAS      = Skor Total Kekuatan-Skor Total Kelemahan
                                                = 3,83-3
                                                = 0,83
Total Tabel Skor EFAS     = Skor Total Peluang – Skor Total Ancaman
                                                = 1,32-1,09
                                                =0,23


DIAGRAM SWOT :

Image result for diagram swot


Setelah diketahui titik pertemuan diagonal-diagonal tersebut (X) maka posisi unit usaha diketahui pada kuadrat 1 yaitu kuadran Growth . Hasil perhitungan dan masing masing kuadran dapat digambarkan pada tabel berikut ini
Kuadran
Posisi titik
Luas Matrik
Ranking
Prioritas Strategi
I (SO)
(3,83 ; 1,32)
9,73
1
Growth
II (WO)
(3; 1,32)
5,88
3
Stability
III (ST)
(3,83 ; 1,09)
7,29
2
Combination
IV (WT)
(3;1,09)
5,20
4
Rentrechment
·         Pada kuadran I (SO Strategi) strategi umum yang dapat dilakukan oleh perusahaan adalah menggunakan kekuatan perusahaan untuk mengambil setiap keunggulan pada kesempatan yang ada .
·         Pada kuadran II (WO Strategi) perusahaan dapat membuat keunggulan pada kesempatan sebagai acuan untu memfokuskan kegiatan dengan menghindari kelemahan
·         Pada kuadran III (ST Strategi) Menjadikan setiap kekuatan untuk menghadapi setiap ancaman dengan menciptakan diversifikasi untuk menciptakan peluang
·         Pada kuadran IV (WT Strategi) Menimimumkan segala kelemahan untuk menghadapi setiap ancaman







Program-program atau Strategi yang dapat direncanakan untuk Pengembangan Institusi :




Strategi Manajer Perusahaan dan kaitannya dengan SO Strategi :

Pada SO Strategi,Strategi umum yang dapat dilakukan oleh perusahaan adalah menggunakan kekuatan dan peluang perusahaan untuk mendapatkan keuntungan semaksimal mungkin.
Strategi Diversifikasi Konsentris (Concentric Diversification Strategi) :
Strategi ini dijalankan dengan menambah produk baru yang masih terkait dengan produk saat ini dan memiliki keterkaitan dalam kesamaan teknoloi,pemanfaatan fasilitas .
Mengembangkan inovasi produk handphone dan laptop misalnya pada produk handphone tanpa aplikasi BBM WA dan pada produk handphone yang sudah lengkap aplikasi .
Strategi yang digunakan :
1.      Memanfaatkan tren produk yang tengah digemari di kalangan masyarakat
2.      Menempatkan harga produk yang relatif terjangkau dengan kualitas produk yang baik
Keterkaitan dengan SO Strategi :
Dengan adanya tenaga kerja karyawan yang ahli dalam bidang pelayanan diharapkan dapat meningkatkan pelayanan dalam meng handle konsumen guna mempeluas pangsa pasar.


Strategi Manajer Perusahaa dan kaitannya dengan WO Strategi :

Pada WO Strategi,Strategi yang dapat dilakukan oleh perusahaan adalah perusahaan dapat membuat keunggulan pada kesempatan sebagai acuan untuk memfokuskan kegiatan menghindari kelemahan
Penetrasi Pasar :
Strategi ini dijalankan untuk meningkatkan market share dari produk yang ada saat ini pada pasar yang ada melalui peningkatan promosi.
Melakukan kegiatan promosi yang lebih gencar pada produk Handphone yang baru Launching.
Strategi  yang digunakan :
1.      Meningkatkan kegiatan promosi
2.      Memperbanyak kerjasama dari sekolahan maupun koperasi

Keterkaitannya dengan WO Strategi  :
Dengan memperbanyak promosi diharapkan mampu memperluas dan membidik segmen konsumen dengan tepat untuk meningkatkan penjualan produk


Strategi Manajer Perusahaan dan kaitannya dengan ST Strategi :

Pada ST Strategi ,strategi umum yang dapat dilakukan oleh perusahaan adalah dengan menjadikan setiap kekuatan untuk menghadapi setiap ancaman dengan menciptakan diversifikasi untuk menciptakan peluang.
Strategi Integrasi Horizontal :
Strategi ini mengarah pada strategi untuk meningkatkan kendali atau perusahaan pesaing.
Menjaga hubungan baik dengan pelanggan.
Strategi yang dilakukan :
1.      Menawarkan harga bersaing misalnya dengan pembelian diata 1 juta diskon acceosris handphone nya
2.      Meningkatkan layanan Customer Service Garansi Hanpdhone dan Laptop
Keterkaitan dengan ST Strategi :
Dengan menjaga hubungan baik dengan pelanggan diharapkan mempertahankan pelayanan terhadap konsumen .


Strategi Manajer Perusahaan dan kaitannya dengan WT Strategi :

Pada WT Strategi, strategi umum yang dapat dilakukan oleh perusahaan adalah dengan meminimumkan segala kelemahan untuk menghadapi setiap ancaman.
 Pengurangan  (Rentrenchment) Penghematan biaya dengan cara  mengurangi sebagian dari asset perusahaan untuk menanggulangi turunnya penjualan dn keuntungan. Strategi yang dilakukan :
1.      Memperbanyak dan fokus terhadap inovasi-inovasi produk baru sesuai keinginan konsumen.
 Keterkaitan dengan WT Strategi : Dengan focus terhadap produk baru sesuai keinginan konsumen.

STRATEGI BISNIS UNIT DIFERENSIASI :


Strategi Bisnis Unit (SBU)
Strategi bisnis unit yang dilakukan adalah dengan menciptakan produk baru yang unik dengan harga yang terjangkau.
Strategi Bisnis Unit menerapkan Strategi diversifikasi konsentris, Yaitu strategi yang dilakukan dengan menambah produk-produk baru yang saling berhubungan untuk pasar yang sama.
Contohnya :  Menciptakan produk baru dari setiap Brand nya . Contohnya dari HP Biasa tanpa ada aplikasi Android diganti dengan HP yang sudah berbasis 4G dan bisa untuk Whatsapp BBM dan aplikasi lainnya
 1. Produk bisa digunakan untuk semua kalangan
2. Harga terjangkau dengan kualitas produk yang baik
3. Multiguna untuk kegiatan sekolah Notepad



PT.INDOBISMAR memilih diferensiasi dan menjadikan pangsa pasar yang luas sebagai titik perhatian utama.Strategi ini menitik beratkan pada membangun perpepsi konsumen akan keunggulan kualitas,dengan produk dan teknologi dan image.
Pernyataan untuk strategi ini adalah :
Keterampilan dan Sumberdaya Umum yang diperlukan :
-          Pengembangan produk untuk mengembangkan inovasi produk
-          Pembagian devisi kerja yang jelas untuk kemudahan koordinasi dan integrasi
Persyaratan Organisasi Umum :
-          Kemampuan menarik tenaga yang kreatif



ANALISIS VALUE CHAIN DIFERENSIASI “PRODUK HP OPPO,VIVO DAN SAMSUNG” :

Inbound Logistic (Logistik ke dalam) :

-          Supplier :
Handphone yang sudah diberi kode di input di database persediaan untuk memudahkan control jumlah persediaan yang tersedia

-          Quality control :
Pengendalian kualitas dilakukan oleh departemen Quality Control.

-          Operation (Operasi)
Tenaga kerja profesional yang dilakukan oleh  pengecekan barang yang baru datang dari supplier

Outbound Logistik (Logistik ke luar)

-          Distributor
Barang yang sudah siap untuk dipasarkan ke berbagai store yang tersebar

-          Packaging
Pengemasan barang dengan karton karton dan Pallet packing tetapi hanya dilakukan untuk mengirimkan barang ke berbagai kota menggunakan kontainer. Palet membantu menjaga packing beberapa karton hanya tetap stabil selama perjalanan.

Marketing and Sales (Pemasaran dan Penjualan)

-          Pameran :
Kegiatan pemasaran dan penjualan PT.INDOBISMAR dilakukan dengan melakukan pameran di Mall Mall di kota besar seluruh Indonesia hasil yang dicapai sangat memuaskan karena setelah melakukan pameran di Mall besar permintaann produk semakin meningkat dan penjualan naik sekitar 40%

-          Website :
Aktivitas utama yaitu melakukan marketing and sales dengan website,perusahaan membuat dan memberikan segala informasi mengenai produk perusahaan melalui website tersebut.Pemesanan produk dapat juga dilakukan oleh pelanggan melalui website resmi perusahaan

Service (Pelayanan)
-          Pelayanan bagi pelanggan yang profesional :
Pelayanan prima mempunyai peranan penting dalam bisnis baik dari sisi pelanggan internal maupun pelanggan eksternal karena sangat berpengaruh pada loyalitas pelanggan kepada organisasi/perusahaan

Kualitas pelayanan PT.INDOBISMAR memliki dimensi dimensi sebagai berikut :
1.      Kecepatan waktu pelayanan
2.      Akurasi atau ketepatan pelayanan
3.      Kesopanan dan keramahan pelaku usaha
4.      Jumlah petugas yang melayani dan fasilitas pendukung lainnya
5.      Kualitas pelayanan yang berkaitan dengan lokasi pelayanan ,ketersediaan informasi dan petunjuk atau panduan lainnya

Penentu faktor-faktor kunci :
·          Memiliki tenaga ahli yang handal dibidangnya
·         Memiliki para karyawan yang loyal dan sejalan dengan visi dan misi perusahaan

Keterkaitan antara value chain perusahaan dan pelanggan :

Menicptakan nilai bagi pelanggan meliputi :
1.      Pelanggan mendapatkan produk yang unggul
2.      Pelanggan mendapatkan produk yang berkualitas dengan harga yang relatif terjangkau




VALUE CHAIN BERBASIS ANGGARAN (BUDGETING) :

1.      Anggaran penjualan
Untuk memudahkan saya mengambil contoh produk handphone OPPO .
Perhatikan bahwa anggaran penjualan berfluktasi sejalan dengan trend :
           
                                                        Anggaran Penjualan
                                                       PT.INDOBISMAR
                                          Untuk tahun berakhir 01  Juli  2018 (1 semester)

1
2
3
4
Tahun
Unit
2100
2800
2950
3400
11.250
Harga Jual
1.999.000
1.999.000
1.999.000
1.999.000
1.999.000
Anggaran penjualan
4.197.900
5.597.200
5.897.050
6.796.600
22.488.750

Tabel Analisis Persaingan BISMAR dengan Pesaing MIAMI,HARTONO

4P
BISMAR
MIAMI
HARTONO
Keterangan
Action Plain
PRODUCT
Unggul


Karena memiliki Produk yang unggul dan berkualitas dengan garansi
Melakukan inovasi dengan terus mengikuti perkembangan
PRICE


Unggul
Pesaing memiliki harga yang lebih unggul
Tetap mengedepankan kualitas yang premium
PLACE


Unggul
Mall Hartono lebih mudah ditemukan
Memperluas atau membuka cabang di Mall
PROMOTION

Unggul

Pesaing menawarkan promo yang spectakular
Melakukan promosi yang efektis





Competitive Advantage :

Cost Advantage
Differentiation Advantage
Marketing Advantage
Variable cost :
Bismar
Memaksimalkan biaya yang sudah dianggarkan untuk memenuhi kebutuhan
Product Advantage :
Produk yang ada untuk keperluan konsumen
Distribution Advantage :
Bismar memiliki kualitas pelayanan yang tinggi
Marketing cost :
Bismar mampu memperluas pangsa pasar di beberapa kota
Service Advantage :
Bismar memberikan kualitas pelayanan yang berkaitan dengan lokasi pelayanan
Sales Force Advantage :
Memperluas pangsa pasar
Operating cost :
Biaya yang dikeluaran cukup besar karena kegiatan promosi dilakukan dengan berbagai cara
Brand Reputation Advantage :
Bismar mempunyai Brand yang cocok untuk konsumen
Brand Awareness:
Mampu menarik perhatian konsumen




EVALUASI PERFOMANCE/KPI Program Kerja PT.INDOBISMAR :

No
Program
Indikator
Ukuran
Target
Capaian
Skor Kinerja
1
Meningkatkan pertumbuhan angka penjualan
Profit yang dihasilkan
Prosentase
15 %
10 %
85 %
2
Pengembangan inovasi produk baru
Produk yang sesuai dengan permintaan
Angka
3 jenis produk utama
2 produk
70 %
3
Kepuasan pelanggan atau konsumen
Respon konsumen terhadap produk
Angka
4,0
2
80 %

IFAS dan EFAS ( KUADRAN SO)
Target/Goal
Capaian
Corective Action
Kekuatan :
1.Harga yang terjangkau namun tetap memiliki pelayanan
2. Brand yang bervariasi dari harga mural sampai mahal

Indeks kepuasan konsumen skala 4


3 jenis produk


8 %



3 jenis produk
Mempertahankan harga produk
Peluang :
1.Pangsa pasar luas


10 %

8%
Mengevaluasi dan lebih memperluas pangsa pasar


































Komentar

  1. Tolong kasih tauvkaryawan hana ponsel pandaan klo bikin acara ulang tahun yg baik jgn mengganggu tetangga dengan membuang limbah seenaknya bikin pencemaran warga sekitarnya khisusnya hari ini da buang air got comberan seenaknya bikin bau kan warung d sekitar banyak ini da berkali diblakukan tapi hari ini yg paling parah

    BalasHapus
  2. Desert Storm | SEGA | SEGA Genesis | Free Region Emulator
    Desert Storm on หารายได้เสริม SEGA Genesis is an action-adventure game developed by 1xbet Hudson and published by Virgin Interactive and released for the Mega Drive/Genesis. 샌즈카지노

    BalasHapus

Posting Komentar