SEJARAH
:
PT.INDO
BISMAR yang berlokasi di jalan Bendul Merisi Permai Blok R 9-10,Surabaya
merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa dan dagang dimana dalam
bidang jasa perusahaan menyediakan jasa rental mobil,Tour and Travel serta
melayani reparasi komputer dan HP sedangkan untuk bidang perdagangan perusahaan
menjual HP,Laptop,dan accesories. Perusahaan ini telah berdiri sejak tahun 2000
dan sekarang telah memiliki 24 toko yang tersebar di Jawa Timur dan Jawa
Tengah. Dr.Siswanto,M.M atau akrab dipanggil Pak Sis merupakan pendiri dari
perusahaan ini,beliau merupakan seorang pengusaha muda kelahiran Banyuwangi
pada tanggal 20 Agustus 1977 dan lulusan Doktor Ilmu Ekonomi Universitas 17
Agustus 1945. Beliau adalah putra kelima dari enam bersaudara yang memiliki
kemampuan dalam bidang service computer,maka beliau yang pada saat itu bekerja
di perusahaan yang bergelut di bidang teknologi informasi berinisiatif untuk
mendirikan usahanya sendiri dibidang penjualan dan service IT
(hardware,software).
Dengan
semakin berkembang dan dikenalnya PT.INDO BISMAR oleh masyarakat dan instansi
baik swasta maupun pemerintahan,PT.INDO BISMAR mencoba mengembangkan usahanya
dengan membangun cabang dan usaha lainnya.
VISI DAN MISI PERUSAHAAN :
VISI :
Menjadi
perusahaan di Indonesia yang unggul,terkemuka dan terdepan dibidang multi
produk IT. Untuk memenuhi kebutuhan teknologi informasi di perusahaan atau
institusi atau lembaga maupun masyarakat Indonesia secara langsung.
MISI :
-
Memberikan pelayanan jasa dan produk terbaik yang
berkualitas dengan harga bersaing
-
Aktif dan kreatif dalam mengenalkan produk atau promosi
ke semua media online maupun offline
-
Memberikan jaminan kepuasan kepada pelanggan
TUJUAN :
Tujuan perusahaan yaitu mencapai
kesuksesan yang besar dibidang retail multi produk IT,dan untuk mencapai
hal tersebut perlu menjalin kerjasama yang mneguntungkan semua pihak baik
antara PT Indo Bismar dengan suplier maupun PT Indo Bismar dengan customer
semua lapisan di masyarakat umum. Dengan adanya kerjasama yang baik dan dampak
yang ditimbulkan juga baik maka semua lapisan masyarakat akan saling memahami
kebutuhan di era globalisasi ini.
SASARAN :
Sasaran perusahaan PT.Indo
Bismar sendiri dalah semua lapisan masyarakat karena di era digital ini baik
anak anak,remaja,orang dewasa maupun orang tua membutuhkan produk IT, baik
handphone maupun laptop dan sejenisnya dan dengan PT.Indo Bismar membuka
beberapa cabang yang ada di daerah tertentu memudahkan customer untuk
mendapatkan produk IT yang di inginkan dengan harga yang bersaing promo yang
diberikan.
ANALISIS SMART :
SIMPLE :Simple yaitu
dimana tujuan harus dirumuskan secara sederhana,sehingga dapat dipahami oleh
semua anggota organisasi PT.INDOBISMAR mempunyai visi yang telah diterapkan
dengan baik yaitu Menjadi perusahaan di Indonesia
yang unggul,terkemuka dan terdepan dibidang multi produk IT. Untuk memenuhi
kebutuhan teknologi informasi di perusahaan atau institusi atau lembaga maupun
masyarakat Indonesia secara langsung.Perusahaan mampu mengelola kualitas
pelayanan . Hal tersebut membuktikan bahwa para karyawan paham atas tujuan yang
terdapat dalam visi perusahaan .
MEASURABLE
:Measurable merupakan indikator
kejelasan,kongkrit dan terukur serta mampu menjadi motivasi bagi karyawan.Pada
3 tahun terakhir PT INDOBISMAR mampu menguasai market share sebesar 30 % pada
tahun 2015 dapat menghasilkan omset penjualan diatas Rp.2 Miliar. Dalam hal ini
tentuya dapat memotivasi karyawan untuk lebih meningkatkan nilai perusahaan
dimata konsumen sehingga dengan demikian bisa menjadi pimpinan Retail terbesar
dan tentunya para investor tertarik untuk menawarkan sahamnya pada
PT.INDOBISMAR
APLIKABLE
:PT.INDOBISMAR adalah salah satu dari
beberapa perusahaan di Indonesia yang memiliki kemampuan pelayanan yang lebih
di bidang Retail. Dengan pelayanan yang maksimal dan Kualitas Produk yang
terjamin konsumen semakin percaya dengan keunggulan Perusahaan ini.Dalam hal
ini membuktikan PT.INDOBISMAR cukup mampu mewujudkan visi dan misinya kedepan
meskipun nantinya akan ada pendatang pendatang baru yang mengusung
pelayanannya.
RELIABLE
:PT.INDOBISMAR mampu memberikan
gambaran tentang masa depan perusahaan dalam meningkatkan pangsa pasar di
seluruh dunia.Perusahaan menggunakan karyawan yang handal dalam proses
pelayanan untuk mengikuti perkembangan zaman.Dengan ide untuk memberikan
inovasi inovasi .Dengan demikian PT.INDOBISMAR tidak hanya mengikuti
perkembangan zaman namun juga dapat mengikuti keinginan konsumen atau kebutuhan
konsumen sekitar.
TIMEABLE
:Timeable merupakan memiiki tenggang
waktu atau kemampuan untuk dicapai dalam waktu tertentu.Dalam 3 tahun terakhir
PT INDOBISMAR telah mencapai market share sebanyak 40%.PT INDOBISMAR membuka
cabang cabang tertentu di area kota JAWA TENGAH.
ANALISIS KOMPETENSI (DAYA SAING
PT.INDOBISMAR)
1. SUMBER DAYA YANG
DIMILIKI
A.Sumber daya berwujud (Tangible)
*MempunyaiMarketing
Office yaitu Surabaya,Banyuwnagi,Solo,Malang,Probolinggo
* Mempunyai stok barang
yang tersebar di store
* Memperkerjakan lebih
dari 500 karyawan
* Memiliki tenaga ahli di
setiap bidangnya
B.Sumber Daya Yang Tidak Berwujud (INTANGIBLE)
* Manajemen modern dengan
memanfaatkan teknologi informasi
* Bekerjasama dengan
berbagai ekspedisi yang berkualitas untuk pengiriman barang di berbagai wilayah
* Perusahaan resmi yang
sudah terdaftar
2. KEMAMPUAN :
- Memiliki saluran
distribusi yang luas
- Memiliki pegawai yang
etos kerja tinggi dan bertanggung jawab pada tugas masing masing
- Harga produk yang
terjangkau dengan mutu dan kualitas harga
3. KEMAMPUAN INTI :
- Memiliki kemampuan atas
pelayanan
- Memiliki peralatan
service yang canggih serta modern untuk proses memperbaiki
4. KEUNGGULAN BERSAING YANG BERKESINAMBUNGAN :
Keunggulan bersaing yang
berkesinambungan dicapai pada saat perusahaan menerapkan suatu pencipta nilai
dan perusahaaan pesaing tidak secara keseluruhan dapat menerapkannya dan tidak
dapat meniru keunggulan tersebut.
ANALISA VALUE CHAIN M.PORTER
SUPPORT ACTIVITY
(AKTIVITAS PENDUKUNG)
-
Infrastuktur
Perusahaan : Planing,finance,service
-
Manajemen sumber daya
manusia : HRD
-
Teknologi :
Produk yang berkualitas
-
Pembelian :
Produk dari supplier
PRIMARY ACTIVITY (AKTIVITAS UTAMA)
Inbound logistic (Logistik ke dalam)
-
Supplier Handphone : Supplier
dari tiap brand diterima oleh gudang kemudian diberi code di input di
database,persediaan stock untuk memudahkan control jumlah persediaan yang
tersedia.Baik persediaan yang habis maupun persediaan yang perlu ditambah.
-
Quality control : Pengendalian
kualitas dilakukan oleh departemen.Quality control . Departemen ini bertugas
memastikan produk yang masuk gudang sesuai standar yang ditetapkan oleh
perusahaan
.
.
Outbound Logistik (Logistik ke luar)
-
Distributor : Barang
yang sudah sudah siap di distribusikan ke berbagai outlet yang tersebar
-
Branch Controller : Bagian
ini memegang kendali pada tiap outlet yang tersebar di wilayahnya . Ini
mempermudah kontrol terhadap jumlah produksi yang dipasarkan dan memantau
jumlah produk yang tersebar.
Marketing and Sales (Pemasaran dan penjualan)
-
Website : Aktivitas
utama yaitu melakukan marketing and sales dengan website,perusahaan membuat dan
memberikan segala informasi mengenai produk perusahaan melalui website
tersebut.Pemesanan prouk dapat juga dilakukan oleh pelanggan melalui website
resmi perusahaan.
-
Outlet toko : Perusahaan
membuka outlet di berbagai kota terutama kota kota besar.Dengan demikian
perushaan dapat melakuka aktivitas utamanya yaitu melakukan pemasaran dan
penjualan di luar outlet pusat penjualan handphone dan komputer tanpa kesulitan
untuk melayani pelanggan yang berada di berbagai daerah
-
Service (Pelayanan) : Pelayanan
bagi pelanggan yang profesionnal
Pelayanan
prima mempunyai peranan penting dalam bisnis baik dari sisi pelanggan internal
maupun pelanggan eksternal,karena sangat berpengaruh pada loyalitas pelanggan
kepada organisasi atau perusahaan. Kualitas pelayanan PT.INDOBISMAR memiliki
dimensi dimesi sebagai berikut :
1.
Kecepatan waktu
pelayanan
2.
Akurasi atau ketepatan
pelayanan
3.
Kesopanan dan
keramahan pelaku usaha
4.
Tanggung jawab
karyawan yang tinggi dalam menanggapi komplain pelanggan
5.
Kualitas pelayanan
yang berkaitan dengan lokasi pelayanan,ketersediaan informasi,dan petunjuk atau
panduan lainnya
6.
Kualitas pelayanan
yang berhubungan dengan kenyamanan ,fasilitas,teknologi produksi dan lain lain
7.
Jumlah petugas yang
melayani dan fasilitas pendukung lainnya
ANALISIS SWOT
:
STRENGHT
(KEKUATAN)
·
Memiliki berbagai
peralatan service handphone maupun komputer
·
Harga yang terjangkau
namun tetap memiliki kualitas yang baik
·
Produk yang bervariasi
sesuai dengan perkembangan pasar
·
Kredit semua leasing
yang lengkap mulai bunga ringan sampai cicilan rendah
·
Accesories pelindung
Handphone dan Laptop yang gratis disetiap pembelian produknya
·
Garansi bisa dibantu
melalui Promotor Brand tersendiri
·
Memiliki kualitas
pelayanan yang bisa Delivery sesuai pemesanan konsumen
·
Memiliki pelayanan
dengan kualitas yang tinggi
WEAKNESS
(KELEMAHAN)
·
Kurangnya kegiatan
promosi yang dilakukan di koperasi dan sekolahan
·
Kondisi pangsa pasar
yang tidak bisa ditentukan
·
Banyaknya pesaing
karna bisnis ini mudah untuk dijalankan
·
Adanya beberpa Brand
yang kurang dikenal masyarakat
·
Pengiriman barang yang
lama dalam seminggu hanya 3 kali pengiriman
OPPORTUNITIES
(PELUANG)
·
Pangsa pasar yang luas
·
Perkembangan dan
kemajuan teknologi yang dapat meningkatkan Brand
·
Pelanggan semakin
meningkat
·
Label garansi perbrand
mempunyai nilai lebih dibandingkan store lain
THREATS (ANCAMAN)
·
Banyaknya pesaing
dalam produk sejenis
·
Banyak store lain
dengan harga terjangkau
·
Peminat konsumen lebih
banyak dilokasi Mall
ANALISIS IFAS DAN EFAS :
FAKTOR INTERN
|
STRENGHT/WEAKNESS
|
Produksi
|
+ Harga yang
terjangkau namun tetap memiliki kualitas yang baik
+ Produk yang
bervariasi dengan perkembangan pasar
-
- Adanya beberapa
Brand yang kurang dikenal masyarakat
|
Marketing
|
+ Memiliki pelayanan
dengan kualitas yang tinggi
-
- Kurangnya kegiatan
promosi yang dilakukan di Koperasi dan sekolah
-
- Kondisi pasar yang
tidak bisa ditentukan
|
Keuangan
|
+ Memiliki kualitas
keuangan yang sehat
+ Memiliki tenaga
accounting yang baik
|
Personalia
|
+ Tenaga kerja ahli
dalam bidangnya
|
Struktur Organisasi
|
+ Pembagian divisi
kerja yang jelas
|
Manajemen
|
-
- Pengiriman barang
yang lama
|
Tanda + Strenght
Tanda – Weakness
Dari tabel diatas terdiri dari 8 S + dan 4 W
Kuesioner Internal Factor Analysis Strategi Untuk Mengetahui kelemahan :
Faktor Strategis
|
Nilai
|
Bobot
|
Rating
|
Skor
|
Kurangnya kegiatan
promosi yang dilakukan di koperasi dan sekolahan
|
2
|
0,25
|
2
|
0,5
|
Kondisi pangsa pasar
yang tidak bisatentukan
|
3
|
0,375
|
2
|
0,75
|
Banyaknya pesaing karna
bisnis ini mudah untuk dijalankan
|
3
|
0,375
|
2
|
0,75
|
Adanya beberapa Brand
yang kurang dikenal masyarakat
|
2
|
0,35
|
2
|
0,5
|
Pengiriman barang yang
lama dalam seminggu hanya 3 kali pengiriman
|
2
|
0,35
|
2
|
0,5
|
TOTAL
|
12
|
1,7
|
10
|
3
|
TOTAL IFAS = KEKUATAN-KELEMAHAN
=
3,83 – 3
=
0,83
Kondisi Eksternal PT.INDOBISMAR :
Faktor-faktor Eksternal
|
Dampak : opportunity/threat
|
Ekonomi
|
+ Pangsa pasar yang luas
|
Pemerintah
|
- Kurangnya
pengawasan
|
Teknologi
|
+ Perkembangan dan kemajuan teknologi yang
dapat meningkatkan Brand
|
Pesaing
|
+ Label garansi per brand mempunyai nilai
lebih
- Banyaknya pesaing
dalam produk sejenis
|
Pelanggan
|
+ Pelanggan semakin
meningkat
|
Kondisi Eksternal untuk mengetahui Peluang (Opportunity) :
Faktor Strategis
|
Nilai
|
Bobot
|
Rating
|
Skor
|
Pangsa pasar yang luas
|
4
|
0,15
|
3
|
0,45
|
Perkembangan
dan kemajuan teknologi yang dapat meningkatkan Brand
|
3
|
0,11
|
3
|
0,33
|
Pelanggan
semakin meningkat
|
3
|
0,11
|
3
|
0,33
|
Label
garansi perbrand mempunyai nilai lebih dibandingkan store lain
|
2
|
0,07
|
2
|
0,21
|
TOTAL
|
12
|
0,44
|
11
|
1,32
|
Kondisi Eksternal untuk mengetahui Ancaman(Threat) :
Faktor Strategis
|
Nilai
|
Bobot
|
Rating
|
Skor
|
Banyaknya pesaing dalam prod
|
2
|
0,20
|
2
|
0,40
|
Banyak
store lain dengan harga terjangkau
|
2
|
0,20
|
3
|
0,60
|
Peminat
konsumen lebih banyak dilokasi Mall
|
3
|
0,30
|
3
|
0,90
|
TOTAL
|
7
|
0,7
|
8
|
1,09
|
TOTAL EFAS =
PELUANG-ANCAMAN
=
1,32-1,09
=0,23
PERHITUNGAN IFAS DAN EFAS :
Total Tabel Skor IFAS =
Skor Total Kekuatan-Skor Total Kelemahan
=
3,83-3
=
0,83
Total Tabel Skor EFAS =
Skor Total Peluang – Skor Total Ancaman
=
1,32-1,09
=0,23
DIAGRAM SWOT :
Setelah diketahui titik
pertemuan diagonal-diagonal tersebut (X) maka posisi unit usaha diketahui pada
kuadrat 1 yaitu kuadran Growth . Hasil perhitungan dan masing masing kuadran
dapat digambarkan pada tabel berikut ini
Kuadran
|
Posisi titik
|
Luas Matrik
|
Ranking
|
Prioritas Strategi
|
I (SO)
|
(3,83 ; 1,32)
|
9,73
|
1
|
Growth
|
II (WO)
|
(3; 1,32)
|
5,88
|
3
|
Stability
|
III (ST)
|
(3,83 ; 1,09)
|
7,29
|
2
|
Combination
|
IV (WT)
|
(3;1,09)
|
5,20
|
4
|
Rentrechment
|
·
Pada kuadran I (SO
Strategi) strategi umum yang dapat dilakukan oleh perusahaan adalah menggunakan
kekuatan perusahaan untuk mengambil setiap keunggulan pada kesempatan yang ada
.
·
Pada kuadran II (WO
Strategi) perusahaan dapat membuat keunggulan pada kesempatan sebagai acuan
untu memfokuskan kegiatan dengan menghindari kelemahan
·
Pada kuadran III (ST
Strategi) Menjadikan setiap kekuatan untuk menghadapi setiap ancaman dengan
menciptakan diversifikasi untuk menciptakan peluang
Program-program atau Strategi yang dapat direncanakan untuk Pengembangan Institusi :
Strategi Manajer Perusahaan dan kaitannya dengan SO
Strategi :
Pada SO Strategi,Strategi umum yang dapat dilakukan
oleh perusahaan adalah menggunakan kekuatan dan peluang perusahaan untuk
mendapatkan keuntungan semaksimal mungkin.
Strategi Diversifikasi Konsentris (Concentric
Diversification Strategi) :
Strategi ini dijalankan dengan menambah produk baru
yang masih terkait dengan produk saat ini dan memiliki keterkaitan dalam
kesamaan teknoloi,pemanfaatan fasilitas .
Mengembangkan inovasi produk handphone dan laptop
misalnya pada produk handphone tanpa aplikasi BBM WA dan pada produk handphone
yang sudah lengkap aplikasi .
Strategi yang digunakan :
1. Memanfaatkan
tren produk yang tengah digemari di kalangan masyarakat
2. Menempatkan
harga produk yang relatif terjangkau dengan kualitas produk yang baik
Keterkaitan dengan SO Strategi :
Dengan adanya tenaga kerja karyawan yang ahli dalam
bidang pelayanan diharapkan dapat meningkatkan pelayanan dalam meng handle
konsumen guna mempeluas pangsa pasar.
Strategi Manajer Perusahaa dan kaitannya dengan WO
Strategi :
Pada WO Strategi,Strategi yang dapat dilakukan oleh perusahaan adalah perusahaan dapat membuat keunggulan pada kesempatan sebagai acuan untuk memfokuskan kegiatan menghindari kelemahan
Penetrasi Pasar :
Strategi ini dijalankan untuk meningkatkan market
share dari produk yang ada saat ini pada pasar yang ada melalui peningkatan
promosi.
Melakukan kegiatan promosi yang lebih gencar pada
produk Handphone yang baru Launching.
Strategi yang
digunakan :
1. Meningkatkan
kegiatan promosi
2. Memperbanyak
kerjasama dari sekolahan maupun koperasi
Keterkaitannya dengan WO Strategi :
Dengan memperbanyak promosi diharapkan mampu
memperluas dan membidik segmen konsumen dengan tepat untuk meningkatkan
penjualan produk
Strategi Manajer Perusahaan dan kaitannya dengan ST
Strategi :
Pada ST Strategi ,strategi umum yang dapat dilakukan
oleh perusahaan adalah dengan menjadikan setiap kekuatan untuk menghadapi
setiap ancaman dengan menciptakan diversifikasi untuk menciptakan peluang.
Strategi Integrasi Horizontal :
Strategi ini mengarah pada strategi untuk
meningkatkan kendali atau perusahaan pesaing.
Menjaga hubungan baik dengan pelanggan.
Strategi yang dilakukan :
1. Menawarkan
harga bersaing misalnya dengan pembelian diata 1 juta diskon acceosris
handphone nya
2. Meningkatkan
layanan Customer Service Garansi Hanpdhone dan Laptop
Keterkaitan dengan ST Strategi :
Dengan menjaga hubungan baik dengan
pelanggan diharapkan mempertahankan pelayanan terhadap konsumen .
Strategi Manajer Perusahaan dan kaitannya dengan WT
Strategi :
Pada WT Strategi, strategi umum yang dapat dilakukan
oleh perusahaan adalah dengan meminimumkan segala kelemahan untuk menghadapi
setiap ancaman.
Pengurangan
(Rentrenchment) Penghematan biaya dengan cara mengurangi sebagian dari asset perusahaan
untuk menanggulangi turunnya penjualan dn keuntungan. Strategi yang dilakukan :
1. Memperbanyak
dan fokus terhadap inovasi-inovasi produk baru sesuai keinginan konsumen.
Keterkaitan
dengan WT Strategi : Dengan focus terhadap produk baru sesuai keinginan
konsumen.
STRATEGI BISNIS UNIT DIFERENSIASI :
Strategi Bisnis Unit (SBU)
Strategi bisnis unit yang dilakukan adalah dengan
menciptakan produk baru yang unik dengan harga yang terjangkau.
Strategi Bisnis Unit menerapkan Strategi diversifikasi
konsentris, Yaitu strategi yang dilakukan dengan menambah produk-produk baru
yang saling berhubungan untuk pasar yang sama.
Contohnya :
Menciptakan produk baru dari setiap Brand nya . Contohnya dari HP Biasa
tanpa ada aplikasi Android diganti dengan HP yang sudah berbasis 4G dan bisa
untuk Whatsapp BBM dan aplikasi lainnya
1. Produk bisa
digunakan untuk semua kalangan
2. Harga terjangkau dengan kualitas produk yang baik
3. Multiguna untuk kegiatan sekolah Notepad
PT.INDOBISMAR memilih
diferensiasi dan menjadikan pangsa pasar yang luas sebagai titik perhatian
utama.Strategi ini menitik beratkan pada membangun perpepsi konsumen akan
keunggulan kualitas,dengan produk dan teknologi dan image.
Pernyataan untuk
strategi ini adalah :
Keterampilan dan
Sumberdaya Umum yang diperlukan :
-
Pengembangan produk untuk mengembangkan
inovasi produk
-
Pembagian devisi kerja yang jelas untuk
kemudahan koordinasi dan integrasi
Persyaratan Organisasi
Umum :
-
Kemampuan menarik tenaga yang kreatif
ANALISIS VALUE CHAIN DIFERENSIASI “PRODUK HP
OPPO,VIVO DAN SAMSUNG” :
Inbound Logistic (Logistik ke dalam) :
-
Supplier :
Handphone yang sudah diberi kode di
input di database persediaan untuk memudahkan control jumlah persediaan yang
tersedia
-
Quality control :
Pengendalian kualitas dilakukan
oleh departemen Quality Control.
-
Operation (Operasi)
Tenaga kerja profesional yang
dilakukan oleh pengecekan barang yang
baru datang dari supplier
Outbound Logistik (Logistik ke luar)
-
Distributor
Barang yang sudah siap untuk
dipasarkan ke berbagai store yang tersebar
-
Packaging
Pengemasan barang dengan karton
karton dan Pallet packing tetapi hanya dilakukan untuk mengirimkan barang ke
berbagai kota menggunakan kontainer. Palet membantu menjaga packing beberapa
karton hanya tetap stabil selama perjalanan.
Marketing and Sales (Pemasaran dan Penjualan)
-
Pameran :
Kegiatan pemasaran dan penjualan
PT.INDOBISMAR dilakukan dengan melakukan pameran di Mall Mall di kota besar
seluruh Indonesia hasil yang dicapai sangat memuaskan karena setelah melakukan
pameran di Mall besar permintaann produk semakin meningkat dan penjualan naik sekitar
40%
-
Website :
Aktivitas utama yaitu melakukan
marketing and sales dengan website,perusahaan membuat dan memberikan segala
informasi mengenai produk perusahaan melalui website tersebut.Pemesanan produk
dapat juga dilakukan oleh pelanggan melalui website resmi perusahaan
Service (Pelayanan)
-
Pelayanan bagi pelanggan yang
profesional :
Pelayanan prima mempunyai peranan
penting dalam bisnis baik dari sisi pelanggan internal maupun pelanggan
eksternal karena sangat berpengaruh pada loyalitas pelanggan kepada
organisasi/perusahaan
Kualitas pelayanan PT.INDOBISMAR
memliki dimensi dimensi sebagai berikut :
1. Kecepatan
waktu pelayanan
2. Akurasi
atau ketepatan pelayanan
3. Kesopanan
dan keramahan pelaku usaha
4. Jumlah
petugas yang melayani dan fasilitas pendukung lainnya
5. Kualitas
pelayanan yang berkaitan dengan lokasi pelayanan ,ketersediaan informasi dan
petunjuk atau panduan lainnya
Penentu faktor-faktor kunci :
·
Memiliki tenaga ahli yang handal dibidangnya
·
Memiliki para karyawan yang loyal dan
sejalan dengan visi dan misi perusahaan
Keterkaitan antara value chain
perusahaan dan pelanggan :
Menicptakan nilai bagi pelanggan
meliputi :
1. Pelanggan
mendapatkan produk yang unggul
2. Pelanggan
mendapatkan produk yang berkualitas dengan harga yang relatif terjangkau
VALUE
CHAIN BERBASIS ANGGARAN (BUDGETING) :
1. Anggaran
penjualan
Untuk memudahkan saya mengambil
contoh produk handphone OPPO .
Perhatikan bahwa anggaran penjualan
berfluktasi sejalan dengan trend :
Anggaran Penjualan
PT.INDOBISMAR
Untuk tahun berakhir 01 Juli
2018 (1 semester)
1
|
2
|
3
|
4
|
Tahun
|
|
Unit
|
2100
|
2800
|
2950
|
3400
|
11.250
|
Harga Jual
|
1.999.000
|
1.999.000
|
1.999.000
|
1.999.000
|
1.999.000
|
Anggaran penjualan
|
4.197.900
|
5.597.200
|
5.897.050
|
6.796.600
|
22.488.750
|
Tabel
Analisis Persaingan BISMAR dengan Pesaing MIAMI,HARTONO
4P
|
BISMAR
|
MIAMI
|
HARTONO
|
Keterangan
|
Action Plain
|
PRODUCT
|
Unggul
|
Karena memiliki Produk yang unggul dan
berkualitas dengan garansi
|
Melakukan inovasi dengan terus
mengikuti perkembangan
|
||
PRICE
|
Unggul
|
Pesaing memiliki harga yang lebih
unggul
|
Tetap mengedepankan kualitas yang
premium
|
||
PLACE
|
Unggul
|
Mall Hartono lebih mudah ditemukan
|
Memperluas atau membuka cabang di Mall
|
||
PROMOTION
|
Unggul
|
Pesaing menawarkan promo yang
spectakular
|
Melakukan promosi yang efektis
|
Competitive
Advantage :
Cost Advantage
|
Differentiation Advantage
|
Marketing Advantage
|
Variable cost :
Bismar
Memaksimalkan biaya yang sudah
dianggarkan untuk memenuhi kebutuhan
|
Product Advantage :
Produk yang ada untuk keperluan konsumen
|
Distribution Advantage :
Bismar memiliki kualitas pelayanan
yang tinggi
|
Marketing cost :
Bismar mampu memperluas pangsa pasar
di beberapa kota
|
Service Advantage :
Bismar memberikan kualitas pelayanan
yang berkaitan dengan lokasi pelayanan
|
Sales Force Advantage :
Memperluas pangsa pasar
|
Operating cost :
Biaya yang dikeluaran cukup besar
karena kegiatan promosi dilakukan dengan berbagai cara
|
Brand Reputation Advantage :
Bismar mempunyai Brand yang cocok
untuk konsumen
|
Brand Awareness:
Mampu menarik perhatian konsumen
|
EVALUASI PERFOMANCE/KPI Program Kerja PT.INDOBISMAR :
No
|
Program
|
Indikator
|
Ukuran
|
Target
|
Capaian
|
Skor Kinerja
|
1
|
Meningkatkan pertumbuhan angka penjualan
|
Profit yang dihasilkan
|
Prosentase
|
15 %
|
10 %
|
85 %
|
2
|
Pengembangan inovasi produk baru
|
Produk yang sesuai dengan permintaan
|
Angka
|
3 jenis produk utama
|
2 produk
|
70 %
|
3
|
Kepuasan pelanggan atau konsumen
|
Respon konsumen terhadap produk
|
Angka
|
4,0
|
2
|
80 %
|
IFAS dan
EFAS ( KUADRAN SO)
|
Target/Goal
|
Capaian
|
Corective
Action
|
|
Kekuatan :
1.Harga yang terjangkau namun tetap memiliki
pelayanan
2. Brand yang bervariasi dari harga mural sampai
mahal
|
Indeks kepuasan konsumen skala 4
3 jenis produk
|
8 %
3 jenis produk
|
Mempertahankan harga produk
|
|
Peluang :
1.Pangsa pasar luas
|
10 %
|
8%
|
Mengevaluasi dan lebih memperluas pangsa pasar
|
|
Tolong kasih tauvkaryawan hana ponsel pandaan klo bikin acara ulang tahun yg baik jgn mengganggu tetangga dengan membuang limbah seenaknya bikin pencemaran warga sekitarnya khisusnya hari ini da buang air got comberan seenaknya bikin bau kan warung d sekitar banyak ini da berkali diblakukan tapi hari ini yg paling parah
BalasHapusDesert Storm | SEGA | SEGA Genesis | Free Region Emulator
BalasHapusDesert Storm on หารายได้เสริม SEGA Genesis is an action-adventure game developed by 1xbet Hudson and published by Virgin Interactive and released for the Mega Drive/Genesis. 샌즈카지노